KETENTUAN UKG 2014

UKG bagi calon peserta Sertifikasi Guru 2014, akan diselenggarakan pada tgl. 4 sd 8 Maret 2014, berikut ketetntuan bagi peserta adalah sbb :

A. Tata Tertib UKG

  1. Setelah registrasi, peserta memasuki ruangan minimal 30      menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan      identitas lainnya, yaitu: (a) Kartu peserta UKG (dicetak melalui AP2SG)      oleh Dinas Pendidikan; (b) Surat tugas dari Kepala Sekolah; dan (c) Kartu      identitas diri (KTP/SIM/Paspor asli) yang sah dan masih berlaku.
  2. Setiap peserta ujian tidak diperkenankan membawa buku      atau referensi, kamera, handphone, alat penyimpan data (flash disk,      external hardisk, kalkulator dan lain-lain) ke dalam ruangan ujian.
  3. Setiap peserta wajib mengikuti ujian sendiri dan tidak      diperkenankan mewakilkan kepada orang lain. Jika ada peserta yang      mewakilkan kepada orang lain dengan alasan apapun, maka haknya sebagai      peserta uji kompetensi dinyatakan gugur.
  4. Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan      pengarahan dari tim teknis.

B. Tata Cara Ujian Online

  1. Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor      peserta uji kompetensi guru dan NUPTK.
  2. Latihan menggunakan sistem ujian online selama 30 menit      menggunakan soal ujicoba atau soal latihan
  3. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal      uji kompetensi yang disediakan.
  4. Waktu ujian akan tampil di layar komputer dan mulai      menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses.
  5. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban benar      menggunakan mouse atau memilih jawaban benar dengan menekan keyboard      (huruf A atau B atau C atau D).
  6. Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat      memperbaiki jawaban dengan cara yang sama pada butir 7 di atas. Mengganti      jawaban beberapa kali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta,      namun harus dipertimbangkan waktunya.
  7. Soal akan muncul di layar komputer satu per satu.
  8. Peserta menjawab soal minimal 50% dari jumlah soal
  9. Aplikasi UKG online akan berhenti secara otomatis pada      saat waktu ujian telah selesai.

 C. Sanksi

  1. Peserta yang melanggar tata tertib diberi peringatan oleh pengawas ruang. Apabila peserta telah diberi peringatan dan tidak mengindahkan peringatan tersebut, maka pengawas ruang mencatat dan mengusulkan peserta tersebut untuk dinyatakan gagal ujian dan dibuatkan Berita Acara.
  2. Pengawas ruang yang melanggar tata tertib atau ketentuan panduan dibebastugaskan dari pengawas ruang dan diganti oleh pengawas lain yang ditunjuk oleh Korlok.
  3. Semua bentuk kecurangan dan pelanggaran terhadap tata tertib ujian yang berpotensi terjadinya kebocoran soal dan jawaban ujian dikategorikan sebagai pembocoran rahasia negara dan akan diberi sanksi sesuai hukum yang berlaku.
  4. Peserta yang tidak dapat menunjukkan identitas diri tidak diperkenankan mengikuti UKG.
  5. Peserta yang identitas dirinya tidak jelas atau meragukan, maka pengawas ruang bersama dengan Korlok dapat menggunakan informasi lain untuk memastikan status peserta tersebut dan dituangkan dalam berita acara.
  6. Peserta yang tidak dapat mengikuti UKG pada tanggal yang ditentukan, tidak ada ujian susulan dan peserta dapat mengikuti UKG pada tahun berikutnya.

Sumber Kemdikbud

About Admin

Apa adanya.... bukan adanya apa....

Posted on 26 Februari 2014, in HeadLine News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: