Verifikasi & Validasi Bagi Calon Sergu 2013

Tindak Lanjut Bagi Peserta Calon Sertfikasi Guru 2013~Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 7 Juli 2013, Pusbangprodik Kemdikbud secara resmi mengumumkan hasil UKG 2013. Para peserta UKG yang namanya tercantum didalam daftar calon peserta sergur 2013 tersebut mulai bertanya-tanya, apa tindak lanjut yang harus mereka persiapkan mengingat pemerintah telah menjadwalkan PLPG 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2013.

Mulai minggu ini, operator Dinas pendidikan akan segera melakukan proses  verifikasi & validasi data calon peserta sertifikasi 2013 melalui aplikasi AP2SG, karena hasil ‘verval’ data tersebut akan digunakan sebagai calon peserta PLPG ke masing-masing Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara sertifikasi guru yang berbasis program studi. Verval data ini akan dilakukan terhadap bukti fisik yang dikirimkan calon peserta khususnya untuk memperbaiki data-data berikut ini :

  1. Masa Kerja
  2. Tanggal Lahir
  3. Jenjang dan Tempat Tugas
  4. Bidang Studi sertifikasi (khusus untuk peserta tidak lulus UKA/PLPG 2012)
  5. Latar Belakang Pendidikan
  6. Status Kepegawaian (NIP dan Golongan)

Proses verifikasi & validasi ini akan dilaksanakan tanggal 11 s/d 21 Juli 2013. Dokumen A1 merupakan hasil Verval data yang dicetak melalui AP2SG oleh Dinas Pendidikan Kab./Kota untuk kemudian disertakan kedalam berkas sertifikasi guru untuk diserahkan ke LPTK serta sebagai bukti bagi peserta yang bersangkutan. Karenanya kepada bapak/ibu guru yang namanya termasuk dalam daftar calon, agar segera berkoordinasi dengan Dinas/Sudin pendidikan setempat agar dapat dilakukan Verval terhadap data guru bersangkutan, sehingga tidak terdapat lagi data yang salah misalnya masa kerja dan usia yang tidak rasional, jenjang tempat tugas serta bidang studi sertifikasi. Adapun dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan sebelumnya oleh peserta adalah sebagai berikut :

  1. Fotokopi  Ijazah S-1 atau D-IV, serta   Ijazah S-2 dan atau S-3  (bagi yang memiliki) dan disahkan oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan.
  2. Fotokopi SK pangkat/golongan terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung (bagi PNS).
  3. Fotokopi SK pengangkatan sebagai guru sejak pertama menjadi guru sampai dengan SK terakhir yang disahkan oleh pejabat terkait.
  4. Fotokopi SK Guru Tetap Yayasan
  5. Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
  6. Pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar.

Apabila Bpk/Ibu tidak tidak dapat membuktikan (terutama poin 1 s/d 5) maka Kepesertaan Anda akan di Delet (dihapus) dan akan digantikan oleh peserta cadangan untuk mengisi kuota.

Proses pengisian kuota kosong terjadi jika ada penghapusan peserta dalam kuota. Kuota diisi oleh peserta cadangan yaitu peserta yang” Memenuhi Persyaratan Sertifikasi Tetapi Masih diluar Kouta”. Prioritas pengisian dengan memperhatikan nilai UKG, usia dan masa kerja. Mengingat tidak semua kabupaten kota tidak memiliki peserta cadangan, maka pengisian peserta cadangan akan diproses mulai tanggal 14 juli 2013.

About Admin

Apa adanya.... bukan adanya apa....

Posted on 12 Juli 2013, in Sertifikasi Guru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: