Jika Hanya Nilai UN Murni yang Dijadikan Acuan Hampir Separoh Siswa SMP/MTS tak Lulus

JAKARTA – Kelulusan siswa SMP dan SMA sederajat tahun ini ditentukan oleh 60 persen nilai Ujian Nasional (UN) dan 40 persen nilai sekolah. Nah, jika kelulusan hanya mengacu nilai UN murni, jumlah siswa SMP/MTS yang tidak lulus mencapai 44.45 persen.

“Seandainya hanya digunakan nilai UN murni maka total ketidaklulusan adalah 44.45 persen. Hasil ini menunjukkan peran sekolah sangat besar dalam menentukan kelulusan siswa,” kata Mendikbud Mohammad Nuh saat membeberkan data kelulusan SMP/MTS tahun 2013, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (31/5).

Saat ditanya apakah hal ini berarti nilai sekolah sengaja didongkrak agar siswa bisa mencapai tingkat kelulusan yang besar? M Nuh tidak mau memberikan penafsiran. Dia mempersilahkan wartawan dan masyarakat menafsirkannya.

Mendikbud hanya menyemangati siswa yang tidak lulus tidak patah semangat karena masih bisa mengikuti ujian paket B. Karena itu siswa diminta mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

“Yang tidak lulus jangan patah semangat. Kami kalau urusan tega ndak tega ya ndak tega sebenarnya, tapi ini urusan nilai, ndak lulus ya ndak lulus,” kata mantan Menkominfo itu.

Dia menambahkan, belasan ribu siswa yang tidak lulus ini nilainya kurang dari 5.5 setelah digabungkan antara nilai UN dan nilai sekolah.

Sedangkan dari nilai UN murni, siswa yang nilainya kurang dari 5.5 jumlahnya 1,406.207 (38,35 persen) dan yang di atas 5.5 jumlahnya 2.261.034 (61.65 persen).(Fat/jpnn)

About Admin

Apa adanya.... bukan adanya apa....

Posted on 1 Juni 2013, in HeadLine News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: