Siswa Bidikmisi Dibebaskan Biaya Pendaftaran SBMPTN

Panitia Pusat seleksi penerimaan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) jalur SBMPTN memberi perlakuan khusus bagi siswa program Bidikmisi. Siswa yang sudah mendapatkan biaya pendidikan dan biaya hidupnya ditanggung pemerintah, mereka juga dibebaskan dari biaya pendaftaran masuk PTN.

Ketua Panitua Pusat SBMPTN, Akhmaloka menyebutkan siswa Bidikmisi yang berasal dari kalangan kurang mampu memang tidak dipungut biaya pendaftaran, baik SNMPTN yang sedang berjalan, SBMPTN maupun jalur Mandiri yang pelaksanaannya dilakukan masing-masing PTN.

“Siswa Bidikmisi tidak dipungut biaya pendaftaran, gratis. Mereka cukup menggunakan nomor PIN Bidikmisi yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud,” kata Akhmaloka, Sabtu (11/5).

Tahun 2013 ini, jumlah peserta Bidikmisi yang mengikuti semua bentuk seleksi masuk PTN, baik SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri tidak dibatasi, hanya saja jumlah yang akan diterima di PTN sudah dipatok pemerintah sebanyak 40.000 kursi.

Cara mendapatkan PIN Bidikmisi sendiri sudah ditetapkan oleh Dirjen Dikti. Siswa tidak mampu yang berasal dari keluarga miskin bisa mendaftarkan diri ke Ditjen Dikti untuk mendapatkan PIN khusus program Bidikmisi.

“Siswa kurang mampu mendaftar ke Dikti dan akan dicek apakah mereka dari keluarga miskin atau bukan. Setelah itu baru diberi PIN Bidikmisi,” tambah Akhmaloka.

About Admin

Apa adanya.... bukan adanya apa....

Posted on 11 Mei 2013, in HeadLine News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: