Pendaftaran SBMPTN 2013, Dibuka

Panitia pusat seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) resmi mengumkan dibukanya pendaftaran mahasiswa baru lewat jalur bersama yang akan dimulai Senin (13/5) depan.

Ketua Pusat SBMPTN, Akhmaloka mengatakan, seleksi bersama ini diikuti 62 PTN yang berada di bawah kementerian pendidikan dan kebudayaan, ditambah sekitar 7 PTN yang dikelola oleh kementerian agama seperti Universitas Islam Negeri (UIN) dan IAIN.

“Mulai hari senin, sudah mulai pendaftaran SBMPTN. Tesnya secara tertulis dan nilainya dari tes itu,” kata Akhmaloka dalam konferensi pers di kawasan Senayan, Sabtu (11/5).

SBMPTN merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh PTN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak.

Tahun ini kuota yang tersedia untuk jalur tes sekitar 90 ribu kursi atau sekitar 30 persen di masing-masing PTN. Meskipun ada beberapa PTN yang menjadikan SBMPTN sebagai seleksi terakhir penerimaan mahasiswa baru, seperti Universitas Padjajaran (Unpad).

Tahun ini penerimaan mahasiswa baru di PTN dibuka melalui tiga jalur, di antaranya SNMPTN yang seleksinya tanpa tes tertulis karena menggunakan nilai rapor dan hasil UN. Kemudian SBMPTN dan jalur Mandiri dengan tes tertulis.

“SBMPTN ini juga untuk mengakomodir calon mahasiswa baru yang tidak lulus lewat jalur SNMPTN, yang pengumuman kelulusannya dilakukan bulan ini,” jelas Rektor ITB itu.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2013/05/11/171466/Pendaftaran-SBMPTN-Dibuka-Senin-Depan-

About Admin

Apa adanya.... bukan adanya apa....

Posted on 11 Mei 2013, in HeadLine News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: