Ini Dia Biaya Pendaftaran SBMPTN

JAKARTA – Masuk perguruan tinggi melalui seleksi bersama atau SBMPTN yang diikuti seluruh PTN mulai dibuka pendaftarannya Senin (13/5) depan. Berbeda dengan SNMPTN, seleksi bersama ini dikenai biaya pendaftaran dengan jumlah beragam.

Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Akhmaloka menjelaskan, biaya pendaftaran seleksi bersama disesuaikan dengan pilihan kelompok ujian yang diambil peserta seleksi. Di antaranya kelompok sains dan teknologi (saintek)/IPA, kelompok ujian sosial humaniora (soshum)/IPS dan campuran IPA dan IPS.

“Biaya seleksi tulis Rp 175.000 setiap peserta untuk kelompok ujian Saintek atau kelompok ujian Soshum. Biaya tes tulis kelompok campuran dikenai Rp 200.000 untuk setiap peserta” kata Akhmaloka dalam konferensi pers di kawasan Senayaan, Sabtu (11/5).

Bagi peserta yang memilih saintek dibolehkan memilih tiga pilihan program studi (prodi) yang diminati dalam kelompok saintek. Demikian juga bagi yang memilih soshum boleh memilih 3 prodi kelompok soshum. Nah, untuk campuran juga boleh memilih 3 prodi. Misalnya 1 saintek 2 soshum atau sebaliknya.

Syaratnya, satu pilihan prodi pertama boleh memilih di PTN wilayah manapun. Pilihan kedua dan tiga harus di dalam wilayah asal peserta seleksi yang dibagi empat wilayah. Dan seluruh informasi bisa diakses di website SBMPTN http://www.ujian.sbmptn.or.id.

“Ujian keterampilan diwajibkan bagi peserta yang memilih prodi olahraga dan kesenian. Biayanya Rp.150.000 untuk setiap jenisnya, seperti olahraga, sendratasik, seni tari, seni musik, seni tupa dan atau desain. Kalau ikut dua ujian keterampilan ya bayar Rp.300.000,” tambahnya. (fat/jpnn)

Iklan

About Admin

Apa adanya.... bukan adanya apa....

Posted on 11 Mei 2013, in HeadLine News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: