Disdik DKI Akan Lelang Jabatan Kepala Sekolah

Kesuksesan program lelang jabatan camat dan lurah di DKI Jakarta rupanya menginsipirasi Dinas Pendidikan untuk membuat hal serupa. Akhir tahun ini mereka akan melaksanakan lelang jabatan kepala sekolah untuk jenjang SD hingga SMU/SMK negeri di Jakarta.

“Agar lebih mendapatkan kepala sekolah sebagai leader yang berkualitas, maka akhir tahun ini kami akan mengadakan lelang kepala sekolah yang terbuka untuk semua kalangan pendidikan di DKI Jakarta. Kami mencontoh lelang camat dan lurah dan mengambil pelajaran dari sana,” ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto di Gedung Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2013).

Menurut Taufik, lelang jabatan kepala sekolah dilakukan untuk memilih pemimpin sekolah secara transparan.

“Kalau dulu kan berasal dari rekomendasi sekolah atau pengawas, saat ini semua terbuka untuk siapa pun yang berprofesi sebagai guru dan terbatas untuk semua yang berkecimpung dalam ruang lingkup dunia pendidikan. Nanti masa jabatan kepala sekolah paling tidak 4 tahun sebelum masa pensiun di umur 60 tahun,” tuturnya.

Lelang jabatan kepala sekolah terdiri dari beberapa tahapan ujian. “Akan ada talent mapping, tes potensi akademik, visi misi, tes wawancara, dan psikotes. Lalu ada juga paparan-paparan yang dilakukan secara lebih akuntabel,” jelasnya.

Taufik mengatakan, banyaknya jumlah sekolah dari SD hingga SMU di Jakarta membuat proses lelang tersebut akan dilakukan secara bertahap. “SD ada 220, SMP 289 sekolah dan SMU 117 serta SMK sebanyak 63 sekolah,” kata Taufik.

Gubernur Joko Widodo beberapa saat yang lalu membuat terobosan baru dengan melakukan lelang jabatan camat dan lurah di DKI Jakarta. Langkah itu dilakukan guna mendapatkan pejabat yang kompeten, juga memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki kapabilitas. Sebanyak 415 lurah dan camat hasil lelang itu telah dilantik Jokowi pada 27 Juni 2013.

Sumber : detiknews

About these ads

About Admin

Apa adanya.... bukan adanya apa....

Posted on 13 Juli 2013, in HeadLine News. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Kebijakan lelang jabatan kepala sekolah, melaui tes toeic, tes potensi akademik, visi, misi, psikotes dan pemaparan karya ilmiah. Merupakan kebijakan yg excellent. Sehingga hasil yang diperoleh Obyektif… Asalkan melibatkan unsur yg berkompeten di bidangnya. Terimakasih.

  2. Sangat setuju sekali dengan adanya lelang kepala sekolah, mudah2an Pemprov DKI Jakarta mempunyai kepala2 sekolah yang amanah dan transparan….Jadikan Jakarta yang baru dan jakarta yang berubah.

  3. setuju,dengan cara lelang kepsek mudah mudahan akan lebih baik lagi .

  4. its very good for all education in Indonesian leader as amanah jujur prestasi maju semua masyarakat Indonesia bahagia lahir dan bathin berimtak kepada Tuhan Yang Maha Esa ( ALLOH ) berbhinneka kondusif,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 208 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: