Daftar Lengkap Pembagian zona Zona SMP/SMA/SMK

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menerapkan sistem zonasi tempat tinggal dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2013/2014. Kebijakan ini bertujuan untuk mendorong peserta didik untuk memilih sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggalnya.

“Sistemnya masih sama dengan tahun lalu tapi sekarang bisa mendaftarkan diri sesuai dengan zonasi tempat tinggal yang sama dengan sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI, Taufik Yudi Mulyanto di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (1/7).

Taufik menjelaskan, sistem ini membagi sekolah dalam zona-zona tertentu berdasarkan lokasi. Setiap sekolah diwajibkan menyediakan kuota 50 persen kursinya bagi pendaftar yang berdomisili di dalam zonanya. Dengan demikian, pendaftar dari zona berbeda memiliki peluang yang lebih kecil untuk diterima.

Menurutnya, dengan sistem ini maka sekolah akan menerima calon peserta didik yang variatif dalam hal kemampuan akademik. Dengan demikian diharapkan tidak terjadi penumpukan siswa dengan nilai tinggi di sekolah-sekolah tertentu.

“Jadi sekarang murid pintar tidak hanya untuk sekolah unggulan saja. Dengan begitu, sekolah akan berupaya meningkatkan kualitasnya untuk mengimbangi kemampuan akademik para siswanya,” papar Taufik.

Zonasi yang diterapkan di masing-masing jenjang pendidikan berbeda beda. Untuk SD digunakan zonasi berdasarkan kelurahan, SMP berdasarkan kecamatan dan SMA menggunakan sistem rayon.

Meski sistem zonasi diberlakukan, penerimaan siswa dari jalur prestasi dan luar DKI tetap dibuka. Untuk siswa luar DKI, tahun ini tetap diberikan kuota yang sama yaitu 5 persen untuk setiap jenjang pendidikan.

Lebih lanjut Taufik mengatakan sistem ini juga bermanfaat mengurangi kemacetan. Pasalnya, mobilitas siswa dan orang tuanya akan terbatas di sekitar zona sekolah saja. “Juga membantu pemutakhiran database yang diberikan Dinas Dukcapil sejak tiga tahun lalu,” tandasnya. (dil/jpnn)

 

Daftar Lengkap Zona SMP/SMA/SMK dpt diunduh di

http://www.mediafire.com/download/29czq6qbv9bfu7w/03_Lampiran_I.zip

About these ads

Tentang Admin

Apa adanya.... bukan adanya apa....

Posted on 17 Juni 2013, in HeadLine News. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. sippp thx u…. amat membantu kita2 yg lagi bingung neeeh.

  2. tommy g sampurno

    Mohon info untuk pilhan smp negeri tahap awal 3 pilihan atau?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.090 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: